tips agar cepat mengingat

TIPS Cara Cepat untuk MENGINGAT

Menghafal banyak katai tidaklah sulit kalau  kita tahu caranya, berikut ini adalah cara-cara mudah yang bisa kita lakukan agar kita bisa mengingat dengan cepat dan tepat.
1.    Cara asosiasi
Cara ini dilakukan dengan mengasosiasikan hal yang ingin kita ingat dengan hal lain yang berkaitan.
Contoh :
Anda diminta untuk mengingat angka 21007645, maka Anda bisa mengasosiasikan angka 21 dengan nama bioskop terkenal, 76 bisa diasosiasikan dengan merk rokok dan 45 bisa diasosiasikan dengan tahun kemerdekaan RI.

2.    Cara memecah
Cara ini dilakukan dengan memecah sesuatu yang ingin kita hafal dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Cara ini sudah banyak kita dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh :
Anda diminta untuk mengingat no handphone seseorang dengan cepat, contoh no HP orang tersebut adalah 0857653985, maka Anda bisa memecah nomor tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga menjadi 0857 653 985 .

3.    Cara kata serupa
Cara yang ketiga ini juga sudah sering digunakan untuk mengingat hal-hal tertentu terutama yang berkaitan dengan pelajaran sekolah. Saya belajar kimia sejak SMA dan saat itu guru saya memberikan cara ini untuk menghafal nama-nama unsur kimia.
Contoh :
Unsur-unsur golongan IIA dalam tabel periodik unsur terdiri dari unsur Be (Berium), Mg (Magnesium), Ca (Calsium), Sr (Stronsium), Ba (Barium), Ra (Radium). Untuk mengingat urutan beserta simbolnya maka kita bisa ubah menjadi Bebek Mangan Cacing Seret Banget Rasane. Dengan mencari kata yang serupa dengan istilah-istilah yang akan dihafalkan maka kita akan lebih mudah untuk mengingatnya.

4.    Cara kata kunci
Cara kunci ini bisa dilakukan dengan mengambil suku kata paling depan atau belakang kemudian dijadikan satu kata utuh untuk mengingat.
Contoh :
Cara ini seperti halnya kita mengingat warna pelangi yang terdiri dari warna merah, kuning hijau biru dst dengan mengambil suku kata depannya saja sehingga menjadi mejukuhibiniu.

5.    Cara bercerita
Cara bercerita ini menurut saya cara yang paling mudah untuk diterapkan karena kita akan lebih ingat dengan cerita-cerita yang kita buat daripada deretan kata-kata yang kita hafal tanpa diubah sedikit pun.
Contoh :
Anda diminta untuk mengingat kata helikopter, rumah, biru, usang , garpu, pohon, plastik.
Anda bisa mengingat kata-kata tersebut dengan membuat suatu cerita dari kata-kata tersebut.
Maul naik helikopter pribadinya. Setelah 2 jam lamanya dia berkeliling menggunakan helikopternya, Maul memutuskan untuk berhenti dan mendarat di hutan dekat rumah besar yang berwarna biru. Setelah turun dan masuk ke rumah tersebut Maul menemukan meja makan usang dan 1 garpu di atas meja. Maul berjalan sampai ke belakang dan ternyata banyak pohon di belakang rumah itu dengan batang yang semuanya dibungkus plastik hitam.
Ini adalah contoh cerita yang saya buat untuk menggambarkan cara yang kelima. Anda bisa membuat cerita-cerita lain versi Anda sendiri untuk mengingat. Tidak usah mempertimbangkan ceritanya nyambung atau tidak yang penting Anda mudah mengingatnya.

6.    Cara Kategori
Dengan cara ini kita bisa memasukkan kata-kata yang akan kita ingat sesuai dengan kategori masing-masing kata.
Contoh :
Anda diminta untuk mengingat kata kuda, apel, ayam, sabun, sapi, odol, manggis
Anda dapat membuat 3 kategori untuk mengelompokkan kata-kata tersebut
    Hewan                     : kuda, ayam
    Buah-buahan        : apel, manggis
    Peralatan mandi  : sabun, odol

7.    Cara Alfabetis
Cara yang terakhir ini dilakukan dengan mengelompokkan kata-kata yang harus kita hafalkan sesuai dengan huruf depannya.
Contoh :
Anda diminta untuk menghafal nama-nama sayuran,maka Anda bisa mengelompokkan bayam, buncis  dan brokoli ke dalam kategori nama sayuran yang berawalan huruf B dst.
Demikian cara-cara yang bisa kita lakukan agar bisa cepat mengingat, apabila Anda mempunyai cara-cara yang lain bisa ditambahkan di sini.
Semoga bermanfaat !
-

Comments

Popular Posts